Selasa, 16 Desember 2008

Sejarah Air Zam zam

Air zam zam

Kata zam zam dalam bahasa arab berarti yang banyak atau melimpah. Adapun air Zam zam yang dimaksud oleh syaiat , yaitu air yang berasal dari sumur zamzam. Letaknya dengan ka'bah, berjarak 38 hasta. Tahukah anda bahwa air zam zam itu sangat istimewa, Air zam zam bisa menyembuhkan berbaga penyakit,

Sejarah munculnya Zam zam

Disebutkan oleh imam bukhari dalam Shahihnya, dari Ibnu Abbas. Suatu saat ketika berada di mekah, Nabi ibrahim menempatka istrinya Hajar bersama anaknya Ismail di sekitar ka'bah, di suatu pohon yang besar yang berada diatas sumur zamzam. Waktu itu, tidak ada seorang pun di mekah kecuali mereka bertiga. Setelah nabi Ibrahim A.s meletakkan kantong berisi kuma dan air., ia pun beranjak pergi. Namun hajar mengikutinya mengikutinya seraya mengatakan ." kemana engkau pergi, dangan meninggalkan kami sendiri di tempat yang tiada manusia lain , atau yang lainnya ?"
Pertanyaan itu ia ulangi terus , tetapi Nabi Ibrahim tidak menengok kepadanya . sampai akhirnya ia berkata kepada Nabi Ibrahim, "apakah allah menyurihmu melakukan ini?'
Nabi berkata "Ya''
kalau begitu , Allah tidak akan menyengsarakan kami,'' kata hajar. kemudain Ibrahim pun pergi.

Kemudian air dan makanannya pun habis, Ismail pun kehausan. pergilah dai ke bukit terdekat , yaitu bukit shafa, dan berdiri di atasnya. dia menolah ke sekelilinginya, tidak ada air di situ .
kemudian dia pergi ke bukitmarwa , danberdiri diatasnya, dia pun manolah sekelilingnya, tadak ada air di situ, dia malakukan hal iti tujuh kali .

Ketika berada di bukit marwa, dia mendengar ada suara. Dia berkata kepada dirinya sendiri "Diam" setelah diperhatikan ternyata dia mendengar suara, kemudian ia berkata "aku telah mendengar" apakah disana ada pertolongan?"

Tiba-tiba dia melihat malaikat jibril yang mengais tanah dengan kakinyaatau dengan sayapnya , lalu keluarlahair zamzam. hajar pun bergegas mengambil dan menampungnya.diciduk air itu dan memasukkan kedalam tempat air. setelah diciduk ternyata air itu semakin memancar. dia pun minum air itu dan juga memberikan putranya. lalu malaikat jibril berkata "jangan takut terlantar, sesungguhnya disinilah baitullah yangdibangun oleh anak ini(Ismail) bersama ayahnya. dan seungguhnya Allh melantarkan hambanya"

beberapa waktu kemudian datanglah orang orang dari kabilah Jurhum turun di lembah Makkah. mereka turun karna melihat Burung burung yang berputar . mereka berkata burung itu berputar putar disekitar air, kami yakin di lembah ini ada air. Mereka mengirim utusan untuk pergi ke arah burung tersebut. Ternyata ada air dan mereka meminta izin kepada Ummu Ismail untuk tinggal disitu. dan dia mengizinkandengan syarat bahwa mereka tidak berhak memiliki air tersebut dan kbilah jahrum inipun setuju.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar